Karena memang saat ini pelanggan susah dimengerti kadangâkadang kita bertanya âMemangnya mereka pengennya apa sih? sampai jualan aja susah, mereka tuh maunya apa?
Sebuah teori yang dulu merujuk pada Persona, biasanya membawa kita untuk selalu memahami satu individu tertentu tapi lupa melihat konteksnya. Terjebak fokus persona dengan apa saja kendala, kesukaannya, apa tren di lingkungannya seperti apa yang negatif apapun yang positif kemudian apa yang dia takuti atau apa yang diharapkan dari sisi pribadinya. Komponenâkomponen inilah yang selalu jadi pertimbangan bagaimana caranya agar kita benarâbenar memahami si pengguna produk.
Ternyata persona ga bisa berdiri sendiri, karena perlu dikaitkan dengan konteksnya, nah belajar konteks ini menjadi menarik. Salah satu teori yang memadukan antara Persona dengan konteksnya adalah âThe Jobs To Be Done TJTBDâ
TJTBD menjelaskan bagaimana kita memandang sebuah produk ataupun solusi dari sudut pandang seorang konsumen menginginkan sesuatu untuk diwujudkan, bahasa singkatnya âMengapa konsumen gunakan produk atau jasa kitaâ
Teori ini menarik! karena membahas tentang bagaimana kita memahami perilaku Pelanggan dari Kenapa, Bagaimana, apa inginnya dan apa kebutuhannya. Istilah menariknya seperti iniâ People donât buy products; âthey buy better versions of themselvesâ Didalamnya ada variable fungsi, sosial, main job to be done hingga image yang ingin dihadirkan.
Salah satu ilustrasi bagus adalah produk skateboard. orang bukan ingin saja membeli skateboard, tapi orang itu membelinya untuk melakukan halâhal yang luar biasa, experience baru yang bisa digunakan bukan skateboard.
Jadi dalam The Jobs To Be Done, kita bukan belajar tentang membuat produk saja, tetapi memadukan antara konteks solusi, produk dan outcomes, memahami ketiganya, bukan sekedar produknya.
Contoh lain adalah, ketika kita lihat konsumen yang potensial kemudian kita menjual kamera, maka sebenarnya yang kita jual adalah Kemungkinan mereka dapat melakukan banyak pengalaman baru dengan kamera yang kita jual!
Selamat belajar!
No comment yet, add your voice below!