“Data tells you what is wrong. Customer interviews help you to understand why.
Sebuah kutipan menarik dari Daria Nepriakhina pada tulisannya pada tahun 2017. Konsisten melakukan riset dapat membantu memastikan agar kita dapat tetap bergerak pada koridor yang relevan, karena;
1. Keadaan konsumen terus berubah,
2. Masalah dan pendekatan bersolusi berbeda,
3. Pasar sudah pasti berubah,
4. Audience berpindah channelnya,
5. Persepsi atas brand kita juga berbah,
6. Cara konsumen mendefiniskan kebutuhannya pun berubah.
Pemasalahan-permasalahan konsumen juga bergulir cepat berganti, sangat berbeda karakter, konteksnya juga sering berubah. Maka salah satu kunci keberhasilanya adalah menciptakan “Problem-Solution Fit”
Selanjutnya menenukan sweet spot, irisan dari
1. Masalah
Seberapa sering terjadinya, datang dari kebutuhan atau keinginan. biaya yang ditimbulkan dan penyebabnya
2.Perilaku,
Medium yang digunakan, intensitasnya, saluran apa, kapan dan dimana? perilaku sebelum dan sesudah dan pernyataan masalahnya.
3.Kesadaran
Pemicunya apa, influencers nya apa, siapa dan dimana? Skenario terburuknya apa?
4.Keadaan Konsumen
Batasan penggunaan, solusi-solusi yang dapat diakses, apa yang familiar, stereotypes dan pandangan lainnya.
Mempelajari konsumen memang bisa sangat menarik, sama-sama manusia, jadi berbeda karena perbedaan konteks, kebutuhan, motivasi dan rasa takut yang melekat pada dirinya.
Ada teori bagus bernama ”Lazy User Model”. Teori ini menjelaskan bagaimana baiknya kita menciptakan solusi melalui produk-produk kita. Dalam teori ini dijelaskan ; “People are lazy!” They tend to go for the easiest and more familiar solution” artinya sangat suka dengan hal-hal Less effort & hal-hal yang familiar, sesuai dengan keadaanya.
Memulai Problem-Solution Fit dapat dimulai dengan;
1. Define; Mendefinisikan kebutuhan user
2. Limits; Mendefinisikan kondisi user
3. Kumpulan solusi yang mungkin untuk memenuhi kebutuhan
4. Pemilihan solusi berdasarkan tingkat upaya yang paling rendah.
Selamat melakukan riset!
No comment yet, add your voice below!