Mengapa memahami user akan sangat berdampak bagi proses dan model bisnis kita? 🎉

Sangat penting mengamati persona seseorang dengan perilakunya, seperti apa Ia merespon proses bisnis saat ini dan mengamati apa sesungguhnya kondisi yang ia inginkan dan bagaimana Ia menjalani prosesnya. Memahami siapa yang menjadi user, konteks dan bagaimana pengalamannya sepanjang Ia meraih kondisi yang diinginkan.🤩

Salah satu contoh yang sering kami hadirkan adalah model bisnis Pizza Hut Vs PHD, mengapa ada proses bisnis baru bernama PHD 🍕hadir setelah Pizza Hut, dan bagaimana model bisnisnya bisa begitu bagus? Karena mereka sungguh-sungguh mau paham terkait konsumennya.

Coba kita cek, dengan mulai memahami Pizza Hut dari kebutuhan pelanggannya;
“Bagaimana menghadirkan tempat yang menyenangkan untuk kumpul-kumpul seru, dan hidangan apa yang pas untuk kumpul bareng?
dari definisi ini lahirlah Pizza Hut.

Kemudain bagaimana persone dirumuskan dalam perepektif PHD?
Meredefinisikan kebutuhan pelanggan saat ini, “Bahwa Pizza 🍕 bukan lagi makanan yang enak dinikmati dengan cara Dine-in di restoran, tetapi Pizza adalah makanan teman kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman, menemaminya nonton 🎥bersama di rumah atau acara-acara yang menitikberatkan bagaimana meningkatkan mood, kebahagiaan dan kebersamaan pada pertemuan-pertemuan tsb”

Keberhasilan PHD 🍕dalam memahami perubahan konsumen inilah yang membuat mereka bisa melesat dengan proses transformasinya dan berhasil merajai pasar Pizza 🍕 dengan perubahan perilaku konsumennya.

Saat ini, menjadi penting untuk paham dulu bagaimana konsumen melakukan shiftingnya perilakunya, lalu pastikan kita hadir dengan inovasi perbaikan proses bisnis baru apa yang dapat memberikan kondisi lebih baik bagi usernya, kemudian lakukan proses pengembangan produknya, bisa didigitaliasi jadi aplikasi, dibangun jadi infrastruktur atau dikembangkan jadi program🫡

Utamakan memahami bahwa solusi bertumpu pada perbaikan proses bisnisnya, bukan semata-mata produknya!

Selamat menyelami perjalanan konsumen!😎

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *