Sering kita segan terhadap memberikan saran atau sekedar chit chat tegur sapa, apalagi berdiskusi dalam. Beberapa hari ini kami berkumpul dan berdiskusi, melihat lagi cara kami berkomunikasi. Ada banyak hal yang perlu diperbaiki, perjalanan masih panjang! Keterbukaan komunikasi menjadi kunci utama sebuah budaya organisasi yang baik, hanya saja ini sangat tergantung pada satu hal kunci yakni āFeedback yang jujurā ā£ā£
ā£ā£
Sebuah organisasi memang perlu dibangun keterbukaan komunikasinya, perlu waktu memang. Atau bahkan untuk sebuah organisasi yang membesar yang merasa dirinya semakin establish, keterbukaan ini justru perlahanālahan memudar tak terasa. ā£ā£
ā£ā£
Sebuah lingkungan kerja yang sehat pada perjalanannya akan merasa menjadi sebuah komunitas, memiliki rasa sebagai super team, kebersamaan & kekompakkannya tumbuh. Coba telaah lagi organisasi kamu menuju titik ini atau sebaliknya?ā£ā£
ā£ā£
Feedback adalah hal esensial, tanpanya tim takkan bisa membentuk lingkungan kerjanya dengan baik, manajemennya pun jadi tak bisa memperbaiki halāhal yang perlu diperbaiki dalam rangka mengetahui akibat apa yang mereka miliki dalam organisasinya dan seberapa jauh mereka menyelesaikan tujuannya #OKRs.ā£ā£
ā£ā£
1. Mulailah dari atas. Pemimpin punya peran terbesar dalam membangun feedback culture, ālead by exampleā. Jangan sampai seseorang yang mengkritisinya mendapatkan hukuman, yang terjadi adl kehilangan kepercayaannya. Coba mulai membuat Psychological Safety di lingkungan pekerjaan.ā£ā£
ā£ā£
2. Seringlah memberikan umpan balik & siap menerimanya. Jika ini jadi hal yang lumrah ini akan jadi hal yang positif untuk lingkungan kerja. Make it clear! Banyak cara untuk poin ini dari mulai membuat forum, survey, pertemuan satu per satu, FDG, workshop bahkan liburan!ā£ā£
ā£ā£
3. Beranikan meminta feedback. Masih banyak menyikapi bahwa krititik adalah sebuah stigma, untuk menghilangkannya bisa mencoba meminta feedback secara terbuka bersama tim.ā£ā£
ā£ā£
4. Berikan reward pada perilaku yang diharapkan pada kultur baru. āPositive feedback should never be a shield, or a way of being able to deliver negative feedbackā Berikan keduanya!ā£ā£
ā£ā£
Selamat membangun Feedback Culture!ā£ā£
ā£
#agilitytransformation
No comment yet, add your voice below!