Dalam makin kompleks, makin dinamis & kompetitif, jangan sampai dibuat jadi complicated!
Kepercayaan diri akan kreativitas ternyata engga cuma dalam mencipta produk, tapi lebih dalam justru penting punya kreativitas mengembangkan model bisnis, jadi kunci keberlanjutan.
Kreativitas dalam bisnis justru mengarah pada eksplorasi peluang baru & pendekatan yang berbeda, Coba lagi deh kerangka kerja “10 Types of Innovation” – Doblin.
Kerangka kerja ini membuka cakrawala yang lebih luas, menemukan cara baru yang menuntut cara berpikir baru tentang bagaimana nilai diciptakan & ditangkap.
✅ Kerangka kerja terkait hubungan & jaringan. Buat lebih banyak kolaborasi strategis dengan mitra, supplier / bahkan pesaing, bisa juga membuka akses ke sumber daya, pasar / teknologi baru. Mengubah persaingan jadi sebuah proses sinergi & kemitraan.
✅ Beranikan buat mengadopsi struktur organisasi yang lebih fleksibel / metode kerja yang mempromosikan kolaborasi & kreativitas, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi & kinerja tim.
✅ Proses bisnis internal, seperti cara kerja tim, diinovasikan untuk meningkatkan produktivitas & efisiensi. Automatisasi, pengoptimalan proses / penerapan metodologi baru seperti Lean / Agile.
✅ Inovasi pada pengalaman yang diberikan oleh produk tersebut. Desain pengalam & fungsi yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih intuitif & menyenangkan.
✅ Inovasi layanan, bisa berupa peningkatan layanan pelanggan atau pengembangan layanan baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
✅ Saluran distribusi diinovasi dengan e-commerce atau strategi distribusi fisik yang efektif untuk mencapai pasar yang lebih luas & memberikan nilai lebih kepada pelanggan.
✅ Branding & komunikasi merek, memposisikan dirinya di pasar & berkomunikasi dengan pelanggan sangat mempengaruhi persepsi nilai & identitas merek.
✅ Lingkungan fisik yang seru diinovasikan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan & produktivitas tim.
Jika 10 tipe inovasi ini bisa bertahap diekslorasi secara konsisten akan membuka jalan bagi pendekatan holistik dalam inovasi, memastikan bahwa setiap aspek bisnis berkontribusi pada pertumbuhan & keberhasilan jangka panjang.
Selamat berproses!
No comment yet, add your voice below!